9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Mentimun biasa disebut dengan timun, buah umum pelengkap lalapan, acar, salad. Manfaat mentimun untuk kesehatan  dapat meredakan radang tenggorokan. Mentimun mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, B1,  B2, vitamin C. Biji mentimun bermanfaat  mengobati  penyakit cacingan.

9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan
9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

berikut ini beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan :

1. Mengatasi bengkak di sekitar mata

Mentimun bermanfaat mengatasi bengkak pada mata. Akibat mata lelah  kurang tidur atau terpapar sinar layar seperti kompoter, tv, atau laptop. Mentimun diiris tipis kemudian ditempelkan pada kedeua mata, tunggu 10 menit, maka bengkak yang dialami tersebut akan berangsur pulih.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Mentimun mengandung kalium, flourin, silikon, kalori rendah.  Bermanfaat menjaga kesehatan ginjal dan membuang kotoran racun dan lemak jahat pada tubuh sehingga ginjal terlindungi dengan baik.  Dengan meminum sari buah mentimun tersebut maka manfaat  itu akan didapat, cukup dengan melembutkan buah mentimun lalu peras dan saring air yang ada pada buah timun.

3. Menghindari dehidrasi

Mentimun bermanfaat menghindari dehidrasi, mengandung kandungan air yang baik untuk menjaga tubuh yang menyebabkan kekurangan cairan, selain air putih mentimun merupakan  salah satu sumber mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Melindungi tulang

Mentimun mengandun vitamin K yang baik untuk tubuh., vitamin K yang ada pada buah mentimun bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, sehingga tulang dapat terjaga dengan baik dan dapat mengatasi beberapa gangguan yang akan ada pada tulang dikemudian hari, seperti osteoporosis.

5. Mencegah sembelit

Kulit mentimun mengandung serat tidak larut, dapat membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, dengan mengkonsumsi buah mentimun maka dapat bermanfaat pencegahan terhadap sembelit.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Mentimun bermanfaat melindungi tubuh dari serangan kanker.  Dengan kandungan gizi pada buah mentimun dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan akan menghancurkannya.

7. Menurunkan hipertensi

Mengandung kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh, melancarkan aliran darah dalam tubuh. Mengkonsumsi buah mentimun sangat baik untuk menurunkan hipertensi tersebut.

9. Merawat kulit dan mengatasi jerawat

Mengandung vitamin B5, buah mentimun bermanfaat menghilangkan jerawat pada wajah. Sehingga wajah menjadi bersih dan bebas dari masalah jerawat. Cukup dengan rutin mengkonsumsi buah mentimun dan oleskan pada wajah lalu bilas dengan bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *