6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit putih berbeda dengan kunyit  yang berwarna orange. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah dan memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit merupakan tanaman asli Indonesia dan India, namun sekarang kunyit sudah banyak dibudidayakan di daerah Eropa, Amerika juga Asia. Tidak hanya akar juga minyak kunyit yang dapat memiliki manfaat tetapi daun pada tanaman kunyit juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh yang dapat diketahui manfaatnya :

1.Obat alergi alami

Kunyit putih mengandung curcuminoids yang dapat menjadi obat alergi. Kunyit putih dapat membantu  mengobati alergi kulit. Curcuminoids yang ada pada kunyit putih dapat menghambat protein yang menyebabkan peradangan juga mencegah zat kimia yang menyebabkan reaksi alergi.

2. Anti mikroba dan anti jamur

Kunyit putih bersifat anti mikroba dan anti jamur yang dapat melawan bakteri E coli yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan juga dapat membantu mengatasi bisul yang disebabkan oleh bakteri dan juga jamur. Ekstrak kunyit putih baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah bakteri juga jamur yang ada pada tubuh.

3. Mencegah kanker

Kunyit putih mengandung Ribosom Inacting Protein yang dapatmencegah juga menonaktifkan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu kunyit putih juga dapat menghambat metastasis kanker dari organ ke organ tubuh yang lain.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Minyak essensial yang ada pada kunyit putih dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu kunyit putih juga dapat mengobati penyakit perut kembung, sembelit , maag, juga masalah lambung yang lain. Tepung dan akar kunyit putih dapat mengurangi keasaman cairan lambung dan dapat menyembuhkan tukak lambung.

5. Penawar bisa ular

Ekstrak kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama saat di gigit ular yang berbisa. Kunyit putih dapat menjadi penawar bisa ular agar bisa ular tidak menyebar pada jaringan tubuh.

6. Meringankan rasa sakit

Kunyit putih memiliki sifat analgesik yang dapat meringankan rasa sakit atau nyeri. Seperti saat wanita sedang pada masa menstruasi saat mengalami nyeri, kunyit putih dapat dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit saat mengalami haid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *