Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Usia 1-2 Tahun

Dalam Usia 1-2 tahun merupakan masa keemasan anak, dalam usia tersebut merupakan 1000 hari pada masa kehidupan pertamanya di dunia ini, dalam masa ini sangat mempengaruhi dala tumbuh kembangnya sebut saja yang dominan adalah nutrisi itu sangat berpengaruh sekali tumbuh kembangnya dalam kehidupan bayi tersebut hingga dewasa. Berbagai usaha dari orang tua dilakukan pada masa keemasan tersebut di dunia ini, guna membentuk pribadi bayi yang optimal hingga dewasa.

Dalam usia tersebut kegiatan bayi sangatlah tidak terduga, yang sering di lakukan yang utama adalah seringnya memasukkan berbagai benda kedalam mulutnya tanpa memikirkan resiko apa yang terjadi tidak terkecuali juga benda tajam yang dia masukkan, sehingga tugas kita sebagai orang tua harus selalu mengawasi setiap kegiatan yg di lakukan bayi tersebut, serta menjauhkan berbagai benda berbahaya yang dapat dia jangkau selama 24 jam, serta mengamati gerak-gerik yang dia perbuat semisal dalamkeadaan lapar, ngompil dan sebagainya.

Berikut akan saya paparkan berbagai tips yang dapat digunakan dalam menjaga kesehatan anak pada usia 1-2 tahun yang sayang sekali untuk bunda lewatkan :

  • Asi Eksklusif 

Kegiatan menyusui merupakan anugerah luar biasa yang dimiliki oleh seorang ibu kepada bayinya, jadi jangan di lewatkan kegiatan ini karena memang sangat berpengaruh luar biasa sekali bagi tumbuh kembang si buah hati kita tercinta, dimana dalam menyusui membutuhkan konsistensi dan kesabaran tinggi karena setiap saat dibutuhkan dengan waktu yang tidak terduga, berdasarkan kutipan dari WebMD, ASI merupakan nutrisi kembang yang kuar biasa untuk si buah hati, karena terdapat antibodi yang dapat membantu si kecil dari serangan virus dan bakteri yang jahat. Dimana ini sangat bermanfaat sekali bagi si kecil untuk pembentukan kekebalan tubuh dan memperkuat kinerja otak serta daya imunnya.

  • Imunisasi

Kegiatan imunisasi yang tak kalah penting dengan menyusui yaitu kegiatan memberikan vitamin untuk menunjang kesehatannya, dari mulai vitamin untuk otak, antibiotik untuk melawan virus dan sebagainya.

  • Menjaga Pola Makanan 

Bayi pada usia tersebut  sebenarnya sudah bisa makan seperti yang kita makan asalkan dalam keadaan lunak, akan tetapi kita juga harus memperhatikan nilai gizinya juga guna untuk membentuk kesehatan serta daya kembangnya, akan tetapi dalam penelitian untuk menganjurkan dalam mengkonsumsi makanan keluarga pada usia lebih dari 2 tahun. Hindari juga dari makan yang mengandung lemak jenuh dan mengandung zat gula.

  • Pola Tidur

Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, tidur juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil dalam pembentukan karakter serta kesehatannya. pada usia ini anak juga banyak melakukan aktifitas seperti bemain jadi tugas kita harus selalu mengamati dan mengawasi juga agar terhindar dari bakteri sehingga tidak jatuh sakit juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *