Cara Dapatkan Tidur Yang Berkualitas

Untuk orang dewasa waktu tidur yang berkualitas adalah sekitar 7 sampai 8 jam sehari. Namun hal itu sulit untuk di lakukan karena tekanan pekerjaan yang harus di selesaikan. Apalagi seharian mengalami stres yang buat sulit untuk tidur sehingga paginya terasa lelah dan sakit kepala. Lalu bagaiman untuk mendapatkan kualitas dalam tidur dan bisa nyenyak? Marik simak :

  • Jangan Makan Malam Dekat Waktu Tidur

Jangan makan dengan waktu tidurmu karena proses pencernaan butuh waktu yang cukup lama dan malah akan meningkatkan kadar asam lambung jika siap makan langsung tidur. Malah biasanya bisa menimbulkan rasa panas di perut atau tenggorokan dan sesak di dada. Cobalah untuk memberi jarak waktu setelah makan sebelum waktunya anda tidur.

  • Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Setelah beraktivitas seharian, pada malam hari tubuh akan terasa lelah, lesu, dan mengantuk. Temperatur pada tubuh pun menurun dan semakin sedikit energi untuk melakukan aktivitas penting lainnya seperti bernafas atau pompa darah. Cobalah mandi air hangat sebelum tidur karena dapat membantu menurunkan temperatur tubuh dan melemaskan otot tubuh agar besok pagi saat bangun terasa lebih segar.

  • Jangan Main Handphone/ Laptop Di Tempat Tidur

Hanya pada malam hari tubuh anda menghasilkan melatonin yang membantu anda untuk tidur. Maka dari itu setelah mematikan lampur tidur sebaiknya tidak bermain handphone lagi karena otak dan mata mengirim sinyak ke kelenjar pineal untuk memproduksi melatonin.

  • Buat Rutinitas Malam Sederhana

Cobalah untuk biasakan diri meminum teh hangat sebelum tidur, mematikan lampu sebelum jam 10 dan membaca buku sebelum tidur. Membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut sebelum tidur dapat memberitahu otak bahwa waktu tidur sudah deket, maka otak akan mengirim sinyak ke seluruh tubuh.

  • Stop Minum Kopi Atau Alkohol Di Sore Hari

Perlu di ingat untuk tidak mengkonsumsi kafein mau dalam bentuk kopi, teh, soda, dll dan minuman yang berakohol sebelum tidur sekitar 8jam. Itu akan membuat anda mendapatkan kualitas tidur yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *