Tips untuk hindari cedera kepala ketika main sepakbola

Cedera pada kepala adalah salah satu risiko yang perlu kalian hadapi ketika sedang melakukan olahraga kontak, contohnya seperti sepakbola. Cedera pada kepala bisa berkisar cedera yang berat, seperti keretakan di tengkorak yang bisa berakibat fatal dan gegar otak, cedera yang ringan, contohnya seperti lecet atau memar di bagian kepala.

kasus cedera pada kepala yang terkenal dalam dunia sepakbola adalah cedera kepala yang di alami oleh kiper Peter Cech di tahun 2006. Peter Cech alami tabrakan dengan pemain lawan. Pada kejadian tersebut yang berakibat retaknya di tengkorak atau disebut dengan fractured skull yang hampir menewaskannya.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar bisa terhindar dari cedera pada kepala ketika bermain sepakbola:

1. Hindarkan bermain dengan kekerasan

Bermain dengan agresif bukan merupakan hal yang dilarang pada permainan sepakbola. Malah sifat agresif dan kompetitif adalah hal yang bisa membuat permainan sepakbola lebih menarik. Akan tetapi, bermain dengan menggunakan kekerasan perlu kalian hindari agar tidak sebabkan cedera pada kepala ataupun cedera lainnya.

2. Hindarkan dengan teknik permainan yang dapat bahaya diri

Walaupun kita telah menggunakan alat pelindung, kalian sudah bisa aman 100% dari risiko cedera pada kepala. Dengan menggunakan teknik yang berbahaya bagi diri sendiri juga akan bisa membuat kalian risiko mendapatkan cedera pada kepala. Ini merupakan hal yang perlu kalian tekankan kepada remaja atau anak-anak yang baru saja memulai bermain sepakbola. Untuk pemula, sebaiknya lebih hindari terlalu sering menyundul bola. Teruslah dalam melatih timing dan teknik menyundul bola yang bagi supaya tidak membahayakan diri dan juga pemain lainnya. Sebaiknya melakukan latihan menyundul bola dengan adanya pengawasan dari pelatih dengan kondisi yang aman terkendali.

3. Penggunaan alat pelindung

Jika kalian penggemar sepakbola Inggris, kalian pasti akan tidak asing dengan nama Petr Cech yang selalu untuk menggunakan helm pada setiap pertandingan. Semenjak cedera yang dialami, sang dokter tetap melarang Petr Cech dalam bertanding tanpa menggunakan helm.

Cukup banyak peneliti tunjukkan bahwa headgear dan helm bisa kurangi efek pada benturan dikepala. Menurut Delaney et al, kiper merupakan salah satu pemain yang mempunyai risiko paling tinggi pada cedera di kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *